Cara Meningkatkan Viewer YouTube dengan Cepat, Mudah, dan Aman

Hipotesaku tidak seperti platform berbagi lainnya di internet. Tujuan utama kami adalah membantu Anda dalam menemukan ide, pengetahuan, dan perspektif yang menarik dan Menelisik Fakta Dunia secara akurat .

Iklan Tengah Artikel 1

Viewer atau penonton memang menjadi hal yang begitu penting bagi seorang YouTuber, terutama bagi seorang pemula yang pasti akan mencari jumlah tayang, jam tayang, dan pelanggan atau subscriber.

Dengan bertambahnya viewer dan subcriber apalagi jika mencapai ribuan, ratusan ribu, atau bahkan jutaan tentu video-video yang kamu buat akan mudah cepat mendapatkan viewer dan pundi-pundi penghasilan dari Adsense akan terbuka lebar belum lagi tawaran endorse pun pasti akan ada.

Cara Meningkatkan Viewer YouTube dengan Cepat, Mudah, dan Aman


Yang menjadi faktor utama adalah kualitas konten yang ada di channel YouTube kamu, namun untuk memaksimalkan agar viewer semakin banyak, berikut ada 15 cara yang dapat dilakukan.

1. Membuat Konten yang Sedang Viral atau Trending


Platform YouTube sekarang ini menjadi situs berbagi video terbesar di dunia dan paling banyak digunakan saat ini. Maka tidak jarang jika banyak orang mencari berbagai hal yang viral di YouTube.

Jika kamu memiliki channel YouTube atau baru ingin memulai menjadi konten kreator di YouTube, maka jangan sampai ketinggalan segala hal yang sedang viral di dunia maya.

Karena sedang viral, maka kesempatan mencapatkan viewer akan jauh lebih besar dan tentu akan meningkatkan jam tayang pada channel kamu.

2. Membuat Video yang Banyak Sekali Disukai Orang


Membuat konten yang sedang viral terkadang menjadikan channel yang kamu miliki menjadi channel gado-gado karena membahas segala hal. Jika ingin memiliki identitas tersendiri pada channel kamu, maka bisa membuat video-video yang sudah jelas banyak peminatnya atau penontonnya.

Di antara banyak pilihan kategori video dengan banyak penonton, ada beberapa yang dapat kamu pilih sesuai dengan hobi kamu misalnya seperti video tutorial mengenai teknologi dan gadget, video gaming atau channel gaming, travelling atau tentang wisata dan kuliner, tutorial memasak, dan tutorial make up.

3. Fokus pada Topik atau Niche Tertentu dan Tekun Membuat Konten Baru


Jika kamu sudah memilih topik atau niche untuk channel kamu nanti, maka hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah fokus pada salah satu niche tersebut. Misalkan kamu memilih video gaming, maka kamu harus membuat video-video game sejenis lainnya.

Karena tentu channel yang memiliki banyak video dan video-video itu relevan dengan lainnya di channelmu maka jika ada viewers datang kemungkinan besar mereka akan menonton video kamu yang lainnya. Tidak hanya itu, mereka pasti akan kembali ke channel tersebut dan mensubscribe channel.

4. Atur Layout Homepage Channel Kamu


Saat pertama kali para pengunjung datang ke channel kamu, tentu mereka akan melihat-lihat tampilan channel. Secara default, layout tampilan channel di YouTube akan menampilkan video terbaru, jika tidak diatur maka channel kamu akan terkesan biasa-biasa saja.

Untuk menjadikan channel terlihat lebih profesional, kamu harus atur layout homepage channel YouTube-nya agar semakin menarik para viewer dan menambah subscriber. Jangan lupa juga menaruh gambar foto profil dan banner pada channel.

5. Gunakan Judul/ Title atau Keyword yang Menarik dan Tertarget


Jika sudah mengetahui empat Cara Meningkatkan Viewer YouTube di atas, akan sangat rugi sekali jika kamu tidak mengoptimalkan judul dan menyisipkan kata kunci pada judul di video tersebut. Hal tersebut dinamakan SEO, karena ini sangat berpengaruh terhadap posisi pada hasil pencarian di YouTube.
Ketika membuat judul, kamu harus menyisipkan kata kunci yang relevan dengan isi video yang dibuat. Usahakan jangan terlalu panjang karena mesin pencari di YouTube akan lebih sulit mengenali konten yang akan berakibat pada posisi video di hasil pencarian. Namun juga jangan terlalu pendek sehingga terkesan videonya biasa-biasa saja. Buatlah judul yang menarik, tertarget, padat, dan jelas.

6. Jangan Lupa Tambahkan Tag dan Deskripsi yang sesuai 


Untuk optimasi SEO, tidak hanya pada judul saja, namun untuk tag dan deskripsi juga berpengaruh dalam SEO. Untuk penulisan deskripsi kamu bisa mengisinya dengan uraian singkat mengenai isi video atau isi dengan informasi yang tidak dijelaskan di dalam video. Hal ini dimaksudkan agar penonton lebih bisa memahami isi atau maksud di dalam video.

Untuk tag, usahakan gunakan 1, 2-3 tag yang masih berkaitan dengan kategori video. Misalnya tutorial, atta halilintar, mobile legend , arap ,  vlogger, edukasi, dan lain sebagainya.

7. Menggunakan Thumbnail Video yang Membuat Orang Tertarik Klik vidio


Thumbnail merupakan gambar kecil yang biasa kamu lihat sebelum memainkan video di YouTube. Melalui thumbnail ini penonton akan mengetahui kira-kira sesuai atau tidak dengan informasi yang mereka cari.

Dengan visualisasi thumbnail yang menarik dan teks pada thumbnail yang dapat mengundang viewer, maka jumlah penonton video pasti akan meningkat bahkan bisa menjadi viral. Namun perlu diperhatikan thumbnail dan kata-kata di dalamnya harus sesuai dengan isi video, jangan sampai penonton merasa kena clickbait.

Untuk membuat thumbnail yang bagus agar meningkatkan viewer YouTube, ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan di laptop, misalnya kamu bisa menggunakan CorelDraw atau PhotoShop jika ingin yang gratis kamu bisa menggunakan InkScape atau GIMP.

Jika memiliki video yang telah diunggah di YouTube namun belum diatur thumbnailnya, maka kamu bisa membuatnya dan menggantinya melalui 'Video Manager' dari channel YouTube-mu.

8. Perhatikan Juga Kualitas Audio pada Video


Kebanyakan YouTuber pemula, mereka sibuk membuat konten dengan kualitas videografi yang tinggi namun tidak memperhatikan bagaimana kualitas audionya. Padahal banyak viewer yang menonton dengan kualitas paling rendah, apalagi ada YouTube Go yang akan lebih menghemat kuota viewer.

Kebayangkan jika kualitas audio pada videomu itu jelek, maka akan banyak viewer yang beralih ke video dari channel lain yang sejenis. Misalkan juga kamu punya video berdurasi 7 menit, namun ternyata kebanyakan viewer menonton di bawah 1 menit. Tentu itu pertanda yang tidak bagus, bisa jadi salah satunya karena audio yang tidak berkualitas.

9. Gunakan Watermark di Setiap Video


Menggunakan watermark pada video ini bertujuan guna melindungi video anda dari kreator yang maunya instan-instan saja di mana mereka sering mencomot video orang lain untuk digunakan di channelnya.

Tidak hanya melindungi video, dengan adanya watermark juga dapat mendatangkan viewer karena para viewers melihat nama channel kamu di video. Meskipun diupload orang lain misal di Facebook, tentu tidak begitu menjadi masalah karena adanya watermark tersebut. Bahkan sebagian menganggap itu promosi gratis.

10. Gunakan Fitur Annotations


Salah satu fitur bawaan YouTube yang bisa meningkatkan viewer YouTube adalah fitur Annotations. Fitur ini cukup efektif karena dapat menyarankan video lain di channel kamu ketika penonton menonton video.

Banyak pilihan Annotations di YouTube, misalnya Note, Spotlight, Title, Speech Bubble, dan Label. Untuk membuatnya cukup ke Creator Studio > Video Manager > Annotations. Buat dan pasang Annotations sewajarnya saja agar tidak mengganggu penonton di channel kamu.

11. Tambahkan Subtitle Agar Jangkauan Vidio Lebih Luas Keluar Negeri


Video di YouTube dapat diakses dari berbagai penjuru dunia selama kita bisa terhubung ke internet. Nah.. untuk mendapatkan viewer dari berbagai negara di dunia kamu harus mengatur subtitle khususnya bahasa Inggris.

Untuk menambahkan subtitle pada video, klik Subtitle/CC yang ada di kanan video kamu. Kemudian atur bahasa yang ingin ditambahkan. Menambahkan subtitle dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni:

  • Cara pertama unggah transkrip teks atau file subtitle yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Kedua adalah dengan menempelkan transkrip utuh video di mana nantinya YouTube akan mengatur subtitle secara otomatis.
  • Ketiga dengan mengetikkan secara manual sambil menonton video yang ingin ditambahkan subtitle, untuk cara ini klik opsi "Jeda video saat mengetik" agar memudahkan proses saat menulis subtitle.

12. Promosikan Channel YT Anda ke Media Sosial


Kalian semuanya pasti memiliki media sosial entah itu Facebook, Twitter, Instagram, atau yang lainnya dan kamu juga pasti memiliki aplikasi chatting entah itu WhatsApp, Line, Telegram, atau yang lainnya.

Jangan lupa untuk membagikan video ke media sosial dan aplikasi chat untuk meningkatkan viewer YouTube, sertakan juga link channel YouTube agar memudahkan teman-temanmu menuju  homepage channel kamu. Cara ini terbukti efektif lho untuk mendongkrak jumlah tayangan dalam waktu yang relatif singkat.

Meningkatkan viewer channel youtube kamu dengan share ke media sosial

13. Embed Video di Situs Eksternal


Bagi kamu yang juga memiliki blog, menyematkan video di postingan blog atau di widget juga dapat meningkatkan viewers. Usahakan blog dan channel YouTube yang kamu miliki masih satu tema.

Dengan trik Embed ini, kamu tidak hanya mendapatkan viewer dari YouTube saja namun juga viewer dari blog.

14. Collab dengan YouTuber Lain


Berkolaborasi dengan YouTuber lain menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk meningkatkan viewer YouTube atau bisa di bilang numpang tenar ke channel youtube yang lebih banyak subscribernya. Cukup dengan menambahkan channel pada deskripsi atau annotation pada channel yang kamu ajak berkolaborasi, maka dengan mudah bisa meningkatkan viewer dalam waktu singkat.

Berkolaborasi juga bisa kamu lakukan dengan membuat konten bersama-sama.

Selain itu, jika kamu berkolaborasi dengan channel yang masih satu niche atau satu topik pembahasan, maka kesempatan meningkatkan jumlah subcriber juga sangat besar. Jadi, jangan ragu untuk berkolaborasi di video-video kamu selanjutnya.

15.  Tarik Viewer dengan Iming Iming Giveaway


Cara terakhir ini mungkin akan sedikit mengeluarkan biaya atau materi untuk membuatnya. Namun dengan membuat video semacam ini kamu tidak hanya mendapatkan viewers yang banyak namun juga mendapatkan subscriber dan followers di media sosialmu.

Untuk memulai giveaway, tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, cukup aksesoris yang harganya relatif murah misalnya headset, casing hp, dan lain sebagainya, bisa juga dengan berbagi pulsa gratis.

Agar mereka mendapatkan giveaway tersebut, kamu bisa memberikannya melalui sistem acak dengan terlebih dahulu mereka harus share video ke media sosial, komentar di video, like video, subscribe ke channel, atau syarat lain sesuai dengan yang kamu inginkan.

Penutup


Itulah 15 Cara Meningkatkan Viewer YouTube yang bisa kamu lakukan. Satu faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah senantiasa berdoa, berusaha, bersabar, dan bersedekah.

Karena membangun channel yang besar dengan viewer dan subscriber yang banyak tentu tidak instan dan harus melewati trial error sehingga kita menemukan jalan yang tepat dan efektif untuk membesarkan sebuah channel.

Jika kamu memiliki cara lain yang tidak tercantum di artikel ini, kamu bisa menambahkannya melalui komentar di bawah agar bisa saling berbagi ilmu. Selamat mencoba dan terus berusaha!

Related Posts

PHP Programer yang suka menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan,love Coffe ever.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Cara Meningkatkan Viewer YouTube dengan Cepat, Mudah, dan Aman"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel