Cara Menulis Ulang Artikel Menjadi Unik dengan Teknik Rewrite

Hipotesaku tidak seperti platform berbagi lainnya di internet. Tujuan utama kami adalah membantu Anda dalam menemukan ide, pengetahuan, dan perspektif yang menarik dan Menelisik Fakta Dunia secara akurat .

Iklan Tengah Artikel 1

Cara Menulis Ulang Artikel Menjadi Unik dengan Teknik Rewrite

Cara Menulis Ulang Artikel Unik  dengan Teknik Rewrite || Dalam Keseharian seorang Penulis / blogger tentu tidak bisa lepas dari penulisan artikel. Apalagi jika blog Anda adalah bukan blog gratisan alias blog berbayar, tentunya penulisan artikel sudah sangat melekat dengan image Anda.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, mungkin saja di tengah perjalanan sukses Anda akan mengalami kebingungan atau buntu dalam menulis artikel atau yang sering dikenal dengan istilah writer’s block. Jika sudah demikian, Anda perlu menemukan sebuah solusi untuk mengatasinya, salah satunya dengan cara menulis ulang artikel Unik (Rewrite).

Apakah pengertian Rewrite?


Kata Rewrite berasal dari Inggris yang artinya menulis ulang. Lebih tepatnya, artikel rewrite adalah cara menulis ulang artikel orang lain menjadi unik dengan gaya bahasa Anda sendiri (parafrase).

Namun bukan berarti rewrite adalah sebuah plagiat, karena Anda bukan mengcopy paste secara keseluruhan isi dari artikel orang lain, melainkan memfrasekan kembali apa yang Anda baca, mengambil ilmunya, dan lalu ditulis dengan bahasa yang unik dan menarik, bahkan lebih unik daripada artikel aslinya.

Nah, untuk bisa menghasilkan artikel dengan cara menulis ulang artikel menjadi unik dengan teknik rewrite yang unik dan lebih bagus dari artikel aslinya, Anda perlu mempelajari beberapa tipsnya di bawah ini:

1. Copy-Paste


Cara ini memang sangat mudah dan menarik, tidak perlu susah mikir, tinggal copy dan paste sudah dapat artikel unik. Tetapi jangan salahkan jika pemilik atau penulis artikel tersebut mulai tertarik untuk melaporkan Anda atas pelanggaran hak cipta yang Anda lakukan. Jangan sampai Anda dipenjara gara-gara mencuri karya orang lain, jangan sekali-kali mengisi blog dengan konten hasil copy-paste jika Anda adalah blogger sejati.

2. Translate Blog Luar


Hmmm pasti kalian pernah kan kehilangan ide hayo ngaku pasti kalian pernah kan berpikir mencopy blog bahasa Inggris ke Indonesia dikarena kan konten tersebut unik dan bagus untuk di baca hehe tetapi buat apa unik kalo percuma di baca yakanyakan. 

4. Tiru


Setelah artikel tersebut  didapatkan, copy paste artikel tersebut ke notepad, office word atau media penulisanlain dalam keadaan utuh. Kalau tidak ingin dua kali kerja, kita bisa mengcopynya langsung ke halaman posting blog. Lalu kita kasih tanda untuk menunjukkan bahwa artikel tersebut adalah artikel orang lain yang dicopy dan masih utuh. Bisa dengan merubah warna huruf menjadi merah, dibold, atau dengan merubah font (jenis huruf) pada artikel tersebut.

5. Pahami

Setelah anda membaca artikel tersebut tentu pemahaman anda terhadap ide pokok bacaan tersebut sangatlah baik. Dalam hal ini mungkin kemampuan orang memahami sebuah tulisan berbeda-neda. Sebagian orang bisa mengetahui ide pokok dalam sekali baca sedangkan sebagian yang lain harus mengulang-ulang bacaan hingga beberapa kali.

Menggunakan 3 Sumber
Kenapa harus minimal 3?

Karena jika hanya 1 atau 2 artikel saja yang Anda jadikan sebagai referensi, akan terkesan monoton dan sama saja dengan artikel sumber. Tentunya, hal ini tidak akan membuat artikel Anda menjadi unik apalagi menarik, bukan?

Dengan memiliki 3 artikel sumber atau lebih yang kredible dan bisa dipertanggungjawabkan, tulisan Anda akan bisa meng-cover keseluruhan isi artikel sumber, sehingga artikel Anda akan lebih informatif dari artikel aslinya.

Baca juga artikel manfaat prakerin bagi siswa dan perusahaan

6. Buat Kerangka

Langkah selanjutnya cara menulis ulang artikel menjadi unik dengan teknik rewrite adalah dengan membuat bagan atau kerangka. Mirip dengan kerangka karangan. Coba perhatikan kerangka artikel di bawah ini.

Artikel sumber 1 = Artikel tempat tempat traveling: Lokasi, apa yang bisa ditemukan?, bagaimana akses menuju ke tempat traveling?

Artikel sumber 2 = artikel tempat tempat traveling(wisata): opening (sapaan), tempat lokasi , jam operasional, harga ticket masuk

Artikel sumber 3 = artikel tempat wisata: hal yang unik dari tempat wisata, penghargaan yang pernah diraih, rute perjalanan

Artikel yang Anda buat dengan cara menulis ulang artikel unik adalah = artikel tempat wisata: opening (sapaan kepada para pembaca), lokasi dan keunikan objek wisata dari tempat lain, penghargaan yang pernah diraih, apa saja yang bisa ditemukan di tempat wisata (flora dan dauna, vegetasi, jalur wisata dan rintangannya, apa saja yang perlu disiapkan sepanjang perjalanan, tiket masuk dan jam operasional), rute perjalanan (dengan angkutan umum, dengan kereta, dan pesawat), kesimpulan.

7. Gunakan 5 W dan 1 H

5 W ( When,Where, Why,What, Who) dan 1 H (How)

Penggunaan metode di atas sebenarnya sudah sangat lazim di dunia Penulisan Jurnalistik. Namun, tak jarang juga para blogger telah menggunakannya.


Jika artikel yang Anda buat tidak memungkinkan menulis dengan metode 5 W dan 1 H, gunakan saja secukupnya agar tidak berkesan dipaksakan karena dengan demikian malah akan membuat artikel yang  Anda buat menjadi aneh.

Baca juga pengertian prototype, tujuan , manfaat ,jenis jenis

8. Gunakan Sub Judul

Usahakan setiap artikel yang Anda buat memiliki sub judul/ sub heading (H1, H2, dan H3), baik itu artikel orisinal sendiri ataupun artikel dengan cara menulis ulang artikel unik dengan teknik rewrite.

Terlihat sepele, padahal bagian ini sangat penting untuk memaksimalkan hasil pencarian Google pada keyword artikel yang ingin anda tuju. Gunakan sub judul yang unik dan menarik perhatian, deskripsikan setiap kalimat dengan bahasa yang mudah dipahami pembaca.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan membuat keyword pada sub judul, memang hal ini tidak sepenuhnya salah, akan tetapi malah bisa menyebabkan artikel Anda dianggap spam karena terlalu berlebihan dalam meletakkan keyword. Tidak mau bukan?


Sebaiknya cara menulis ulang artikel unik juga menggunakan keyword dalam 100 kata pertama pada paragraf pertama. Ini juga dapat mengoptimalkan hasil pencarian website Anda di Google.

9. Berikan Judul Yang Menarik dan Mengandung Keyword

Gunakan judul artikel yang berbeda dengan artikel sumber.

Misalkan saat Anda harus menulis ulang artikel dengan teknik rewrite: Cara membuat Game Snake Javascript


Anda bisa menganti judulnya dengan cara menulis ulang artikel unik  Anda menjadi: Cara Membuat Game Snake Keren dengan Javascript

Keywordnya tetap sama yaitu : Membuat game snake javascript, namun dengan menyisipkan keyword tambahan sebagai pembeda, bisa menunjang artikel Anda dan dianggap unik oleh Google.

Demikian Pembahasan tentang Cara Membuat Artikel Rewrite Unik ,semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semuanya.Wassalam

Related Posts

PHP Programer yang suka menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan,love Coffe ever.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Cara Menulis Ulang Artikel Menjadi Unik dengan Teknik Rewrite"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel