Ide Project Dan Contoh Aplikasi Internet Of Things Terbaru Lengkap

Hipotesaku tidak seperti platform berbagi lainnya di internet. Tujuan utama kami adalah membantu Anda dalam menemukan ide, pengetahuan, dan perspektif yang menarik dan Menelisik Fakta Dunia secara akurat .

Iklan Tengah Artikel 1

Ide Project Dan Contoh Aplikasi Internet Of Things Terbaru Lengkap

Ide Project Contoh Aplikasi Internet Of things - Pernahkah Anda mendengar istilah Internet of Thing atau yang disingkat menjadi IoT ? Meskipun belakangan istilah ini semakin banyak diperbincangkan, namun masih ada kalangan tertentu yang masih cukup asing dengan istilah tersebut. Internet of Things adalah teknologi yang objek Singkatnya berinovasi di Internet untuk kegiatan sehari-hari menjadi lebih mudah dan lebih efektif.
 Seperti apakah contohnya? 
Ulasan mengenai ide project  dan contoh aplikasi Internet of Things berikut ini akan menjawab pertanyaan tersebut.

Contoh Aplikasi Internet of Things IntialBoard

Pernahkah Anda mendengar istilah Internet of Thing atau yang disingkat menjadi IoT ? Meskipun belakangan istilah ini semakin banyak diperbincangkan, namun masih ada kalangan tertentu yang masih cukup asing dengan istilah tersebut.

Gimana sih contohnya? Ulasan tentang ide projek Internet of Things berikut akan menjawab pertanyaan itu.

Tutorial Lengkap Arduino Bahasa Indonesia

Manfaat Internet of Things

Sebelumnya Anda harus mendapatkan gambaran singkat tentang apa Internet of Things. Setelah mengetahui istilah, beberapa dari Anda pasti bertanya-tanya mengapa inovasi Internet of Things diperlukan dan lebih luas diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan hari ini.

 Apa pentingnya menggunakan Internet of Things? 

Untuk mendapatkan jawabannya, Anda dapat mendengarkan ulasan berikut.

Secara umum, IoT mendukung semua orang agar memiliki kesadaran yang tinggi terhadap dunia kita dan perkembangannya. Seperti yang disampaikan oleh Brendan O’Brien, IoT memberikan banyak ide agar turut berperan serta dalam berbagai segi petumbuhan mulai dari hal mikro sampai makro di seluruh dunia. Dengan begitu, ada 3 hal utama yang nantinya akan dapat dicapai.

1. Pengelolaan Bahaya Dan Bencana Alam Secara Lebih Cerdas

Dengan dukungan IoT, setiap indivdu maupun suatu organisasi bisa mendapatkan akurasi yang lebih baik ketika terjadi potensi bahaya alami. Sebagai contoh, IoT yang terhubung dengan alat deteksi dan alarm di suatu hutan akan dapat memberikan notifikasi dini ketika terjadi potensi kebakaran hutan di suatu kawasan.

Dengan pemberitahuan dini, tentu dampak terburuk bisa diminimalisir. Hal ini juga berlaku untuk jenis bahaya dan bencana lain seperti perampokan rumah, tanah longsor, gempa bumi, dan sebagainya.

2. Pengelolaan Perkotaan Secara Lebih Cerdas

Beberapa proyek IOT dilaksanakan untuk memfasilitasi kehidupan orang-orang di berbagai tempat, termasuk masyarakat perkotaan. Sistem IOT yang diterapkan oleh pemerintah dapat melakukan dengan otomatisasi manajemen cerdas.

Contohnya bisa dilihat pada aplikasi lalu lintas, parkir, sistem pengumpulan sampah, dan sebagainya. Dengan begitu, kehidupan masyarakat perkotaan juga akan menjadi semakin maju.

3. Pengelolaan Penanganan Kesehatan Dan Medis Secara Lebih Cerdas

Dalam beberapa contoh akan disajikan pada sub berikutnya akan beberapa contoh penerapan IOT di bidang kesehatan. Secara keseluruhan, penambahan fitur IoT ke beberapa perangkat medis bertujuan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada pasien.

Jadi, bahkan sebelum terjadipun dokter bisa mengetahui potensi gangguan kesehatan pada seorang individu dan melakukan upaya pencegahan.

Inilah Beberapa Contoh Aplikasi Internet of Thing

Ada banyak contoh proyek Aplikasi Internet yang dapat Anda buat. Berikut adalah beberapa contoh dari beberapa ide proyek yang mengembangkan Internet of Thing untuk memfasilitasi kegiatan sehari-hari.

1. Colokan Listrik Pintar

Ide projek pertama Internet of Thing yakni pembuatan colokan listrik pintar. Colokan listrik yang dimiliki dikoneksikan dengan WiFi lalu disambungkan dengan barang elektronik seperti lampu ataupun oven. Jadi, Anda nantinya dapat menghidupkan juga mematikan sambungan listrik dengan jangkauan internet pada handphone yang terkoneksi ke colokan listrik tersebut. Dengan cara seperti ini, ketika berada di luar rumah dan lupa mematikan lampu atau barang elektronik, Anda hanya perlu membuka ponsel dan mematikan koneksi listriknya via jarak jauh.

2. Smart Garage Door

Seperti namanya, proyek Pintar Pintu Garasi adalah proyek IOT untuk memantau status dari pintu garasi sekali dibuka fitur pemindai sidik jari. Ketika pelaksanaan proyek ini, Anda dapat memantau garasi dimanapun mereka berada melalui ponsel. Untuk membuka akses juga akan lebih aman karena harus melalui scan sidik jari di ponsel Anda. Ini akan memberitahu Anda bahwa tidak tahu ketika ada akses paksa dari pihak mencoba masuk ke garasi.

3. Kulkas Pintar

Salah satu ide project untuk Internet of Thing berikut yaitu penerapan kulkas pintar. Biasanya, ketika ingin melihat persediaan makanan atau lainnya di kulkas, kita harus melihat langsung isi dalam kulkas.

Namun, dengan inovasi kulkas pintar, Anda bisa melacak persediaan apa yang menipis atau telah habis melalui internet smartphone yang terhubung dengan kulkas tersebut. Jadi, dengan melihat notifikasi, Anda bisa segera berbelanja untuk mensuplai kembali persediaan yang hampir habis.

4. Smart Trash Can

Tempat sampah pintar merupakan bentuk inovasi lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Dengan alat ini, Anda bisa mengoptimalkan pengumpulan sampah dan meminimalisir konsumsi bahan bakar.

 Sistem pada tempat sampah sendiri akan memberikan notifikasi mengenai jumlah dalam bak tersebut serta suhu bak. Inovasi ini tentu akan sangat berguna untuk mereka yang bekerja mengumpulkan sampah serta semua warga kota secara keseluruhan.

Baca juga artikel cara install kali linux di window 10 dengan mudah 2020

5. Sistem Peringatan Bahaya

Di latar belakangi oleh rasa was-was sebagian orang ketika meninggalkan rumahnya, beberapa kalangan menciptakan sistem peringatan bahaya yang dapat memberikan notifikasi sensor ke ponsel pemiliknya via internet.

Ide Project dan Contoh Aplikasi Internet of Things dapat Anda terapkan dengan buat alat sendiri atau dengan memanfaatkan perusahaan yang bisa membuat project ini. Namun, di rumah Anda perlu memasang sensor-sensor seperti sensor suhu, gerakan, dan sebagainya sehingga bisa terhubung ke alat peringatan bahaya.

6. IoT Dompet Pintar

Sesuai namanya, ide project IoT ini akan sangat berguna untuk mereka yang suka lalai menaruh dompetnya.

 Dengan alat yang terpasang di dompet dan terhubung melalui internet pada smartphone, Anda bisa langsung tahu jika lupa menaruh dompet .

7. Payung Florabrella yang Dapat Menginformasikan Perkiraan Cuaca

Terkadang, seseorang merasa ragu untuk membawa payung saat keluar rumah. Padahal, terkadang ada cuaca yang tidak terduga bisa terjadi. Karena hal ini, muncullah contoh aplikasi Internet of Thing yang menggabungkan teknologi perkiraan cuaca dengan payung.

 Dengan aplikasi yang terhubung pada payung, Anda bisa lebih yakin untuk membawa payung atau tidak. Aplikasi ponsel yang terhubung dengan payung juga akan memberitahukan bagaimana perkiraan cuaca saat itu. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menyimak berita perkiraan cuaca.

8. Alat IoT untuk Memonitor dan Memanajemen Kesehatan

Internet teknologi hal ini juga banyak diterapkan di bidang kesehatan. Beberapa orang melakukan inovasi di bidang kesehatan dengan menciptakan sebuah alat yang dapat memonitor kesehatan pasien dari jarak jauh.

Data dari sensor pada pasien akan ditransfer ke operator melalui Internet. Dengan cara ini, dokter dapat menganalisis kesehatan pasien dan merekomendasikan praktek klinis ketika hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Mesin Penyiram Tanaman Otomatis

Inovasi berikutnya yang mungkin bisa menginspirasi Anda adalah mesin penyiram tanaman otomatis. Dengan alat ini, Anda bisa menentukan jadwal penyiraman agar mesin secara otomatis melakukan penyiraman. Alat yang dikembangkan oleh Chris Anderson dan Rui Wang ini bisa dibuat sendiri dengan menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi atau menggunakan alat yang telah siap pakai.

10. IoT Botol Pil

Selain domain nasional, ide proyek untuk Thing Internet juga telah berkelana ke bidang kesehatan. Yang pertama adalah IOT botol pelaksanaan pil yang dapat membantu pasien dan dokter.

 Jadi pada botol pil yang dimiliki oleh pasien akan dilengkapi dengan tombol khusus pada tutupnya. Tombol ini dapat mendeteksi pola cuaca dengan mengambil pil oleh peminumnya. Selain itu, dokter juga dapat menerima pil pemberitahuan status ketersediaan di botol untuk sensor IR.

11. Alarm Anti Lupa

Bagi Anda yang sering lupa untuk mengurus banyak hal saat meninggalkan rumah, inovasi Internet of Things ini harus dimiliki. Alarm Anti Lupa ini akan mengingatkan Anda dari aplikasi smartphone sehingga Anda akan  tahu pekerjaan apa saja yang belum Anda diselesaikan.

Jadi, kelupaan seperti memberi makan peliharaan, memastikan semua pintu terkunci, dan sebagainya tidak akan terjadi karena Anda memiliki alarm IoT ini.

12. Sistem Monitor Untuk Anak Sekolah

Salah satu penerapan IoT yang bermanfaat bagi kalangan orang tua di berbagai negara adalah adanya sistem monitor anak-anak sekolah atau beberapa mengenalnya dengan MABO. Sistem ini bekerja dengan men-tag beberapa jenis sensor pada anak-anak di sekolah. Dengan sistem ini, Anda dapat memantau lokasi anak-anak ke sekolah dan menerima pemberitahuan melalui Internet.

13. Kimono Cerdas Untuk Baby Monitoring

Dalam hal ini, kimono bukanlah pakaian tradisional Jepang melainkan model pakaian bayi biasa yang dilengkapi dengan hiasan seperti kura-kura pada bagian sekitar perutnya.

Dengan implementasi contoh aplikasi Internet of Thing ini Anda bisa memonitor segala aspek terkait si buah hati seperti temperature kulit, posisi tubuh, aktivitas bernapas, hingga saat-saat tidur. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui suara-suara di sekitar bayi karena hiasan kura-kura yang ada pada pakaian memiliki mikrofon di dalamnya. Berbagai hal tersebut bisa Anda ketahui melalui aplikasi ponsel yang terhubung dengan Kimono.

14. IoT Doorbell

Seperti namanya, teknologi internet yang ada pada perangkat mobile yang berhubungan dengan bel pintu. Dengan proyek ini, Anda dapat memantau siapa saja yang datang untuk mengunjungi rumah ketika pemilik bepergian. Pemberitahuan akan dikirimkan ke ponsel Anda bisa menjadi sms atau email.

15. Smart Bike Yang Bisa Menyarankan Rute


Ide Project dan Contoh aplikasi internet of things yang terakhir yakni smartbike yang telah dilengkapi dengan teknologi IoT sedemikian rupa hingga dapat memonitor rute yang dilalui bike. Saat ini, inovasi pada sepeda ini dirintis oleh perasaan asal Kanada.
 Bagaimana hasilnya? 
Sepeda yang dilengkapi dengan fitur Wi-Fi & Bluetooth connector serta GPS ini dapat berkomunikasi dengan ponsel untuk membuat pengendaranya nyaman berolahraga sepeda. Selain bisa menyarankan pemilihan rute yang nyaman, kendaraan roda dua ini juga bisa meminimalisir kecelakaan dengan fitur deteksi kendaraan lain.

Demikian beberapa contoh ide project Internet of Thing .

Dari ulasan mengenai beberapa ide project untuk Internet of Thing di atas, adakah yang telah Anda coba terapkan?

Related Posts

PHP Programer yang suka menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan,love Coffe ever.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Ide Project Dan Contoh Aplikasi Internet Of Things Terbaru Lengkap"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel